Pregnancy Uniqueness (Keunikan Hamil)

we are expecting

Huwaaahh rasanya sudah lama sekali sejak saya terakhir posting tulisan di blog ini. Maafkan yaa.. Jadi, ceritanya, saat ini mamacia sedang hamil 11 minggu (mana kiss kiss nya buat sayaaa? :*). Been struggling with early pregnancy problems, salah satunya, jadi malesan banget, mager alias males gerak. Dan imbasnya, saya jadi males juga buat buka laptop dan ketik-ketik.

Pada saat ini, di minggu ke-11 kehamilan saya, akhirnya saya mau mengalahkan rasa malas itu dan mulai ketik-ketik lagi, mulai cerita-cerita lagi sama pembaca semua. Buat buibu yang gak merasakan serangan malas saat hamil, please, jangan hakimi saya dengan kata-kata “saya aja dulu hamil gak males koq, saya bisa lakukan ini itu blablablaa”. Saya percaya kondisi kehamilan setiap wanita berbeda-beda, mungkin ada yang serupa, tapi pasti ada keunikan tersendiri.

Saya bandingkan kehamilan saya yang sekarang dengan saat saya hamil cia saja ada perbedaannya. Dulu saat hamil cia, saya sangat ambisius ingin melanglang buana alias ngebolang, dan kebetulan saat itu saya masih bekerja, jadilah ambisi saya itu cukup terpenuhi dengan penugasan kantor untuk dinas luar kota yang beberapa kali saya lakukan (yang “sedihnya” seringkali agak dibatasi karena banyak rekan dan atasan yang merasa sayang dan khawatir sama bumil ini, sehingga rencananya mengunjungi belasan kota, hanya tereksekusi 6, bray..). Sekarang, boro-boro ngebolang, di rumah aja rasanya males mau turun dari lantai atas ke lantai bawah. Diajak jalan-jalan ngemall aja males. Ngemall lho sodara-sodaraaahh.. itu kan hobi kita para wanita. Nah koq saya males luar biasa..

Tapi ada satu kebiasaan yang beberapa minggu ini sangat sering saya lakukan, yaitu berada di depan kompor, alias masak. Yeapp.. saya memanfaatkan kehamilan ini untuk alasan menambah sedikit “waktu luang” saya. Karena biasanya Cia nempeeeeelll terus sama saya, saya bisa dibilang gak pernah ada kesempatan untuk masak, bahkan ketika Cia tidur. Baru aja mulai masak, eh Cia udah ngerengek minta dikelonin, atau minta disusuin (fyi, saya direct breastfeed ya. Kalo asi perah atau sufor sih masih enak bisa minta tolong siapa aja untuk susuin baby.. but sejak saya resign, cia hanya mau direct breastfeed). Jadiii saat saya hamil ini, dengan alibi macem-macem (alesan mau disapih lah, alesan biar gak kaget kalo ada adeknya, alesan gak boleh capek lah, dll), saya “minta” tambahan waktu luang sehingga Cia dititipkan lebih lama kepada ART. Dengan waktu yang lebih lama itu, saya jadi punya banyak waktu untuk kembali berkreasi masak ini itu, terutama juga memenuhi keinginan ngidam saya. Misal, saat saya ingin makan spaghetti, ya saya buat spaghetti. Saat saya ingin es krim, bahkan saya memilih untuk mengadon premix es krim dibandingkan jalan sedikit ke toko di depan komplek untuk beli, hahaha.. pake bahan premix sih, gampang tinggal campur air aja trus diletakkan di freezer. Hitungan saya, di toko depan beli 10ribu cuma dapet 1 batang es krim. Nah ini premix es krim harganya 10ribu bisa jadi 5 es krim dan gak kalah enaknya, mending saya buat sendiri aja deh. Begitu kira-kira pertimbangannya, selain karena mager, hahaha..

Keunikan lainnya dari kehamilan saya yang sekarang, saya sangat sensitif terhadap bau-bauan. Bahkan terhadap bau kosmetik aja saya bisa mual. Bisa bayangin dong kalo kita pakai bedak aja kan itu spons atau brush kan melanglangbuana di wajah yah dan ngelewatin hidung, hueekkk… saat itu lah saya langsung mual. Bahkan sama sabun cuci muka aja saya bisa mual. Haduuhh… ini juga jadi alasan kenapa saya masih belum ada update apa-apa di kolom Beauty pada blog ini. Wangi lipstik yang saya suka itu dari NYX yang Soft Matte Lip Cream, kebetulan saya baru dapet dikasih sama ipar yang baik hati :* tapi anehnya, saya gak bernapsu untuk pakai lipstik itu. Yang saya lakukan dengan lipstik itu adalah cium-cium baunya aja, aneh ya saya? But yeapp that happens to me, hahaha. Oh ya, saya juga suka banget olesin lipbalm ke bibir saya, ada beberapa lipbalm, tapi yang jadi favorit saya itu produknya Make Over yang aroma Vanilla, lagi-lagi karena baunya. Mungkin nanti akan saya ulas tentang lipbalm itu di kolom Beauty ya. Hal lucu lainnya berkaitan dengan bau-bauan ini adalah saat saya mencuci pakaian dalam (ya, saya mencuci pakaian dalam saya dan suami, gak minta tolong orang). Biasanya saya gak ada masalah kalau mencuci pakai Daia, tapi sejak sensitif sama bau-bauan, saya bisa mual parah kalau cium aroma Daia itu. Wangi deterjen yang cocok untuk saya saat ini adalah Rinso cair. Jadilah kami beli deterjen baru, supaya saya bisa tetap mencuci pakaian dalam tanpa struggling sama bau yang membuat saya tidak nyaman.

Cerita lainnya tentang kehamilan saya ini, apa lagi yah…. oh ya, suatu hari saya bener-bener ngidam Sambal Roa. Agak homesick juga sama masakan mama saya di Manado. Jadilah saya menghubungi mama dan minta dikirimi sambal roa itu. Bener-bener mama yang sayang anak, langsung lho dikirim pakai over night service. Satu hari kemudian saya sudah menikmati semua makanan dengan dilengkapi sambal roa, dan napsu makan mulai meningkat =)) Sebelumnya sekitar 2 minggu yang lalu, saya sempat kehilangan napsu makan, dan sempat turun berat badan cukup drastis, turun 2 kg dalam 5 hari karena sakit bapil alias batuk pilek, dari 55 kg jadi 53 kg. Ditambah dengan kondisi banyak begadang karena Cia juga sakit bapil (selalu siaga kalau-kalau Cia batuk dan memuntahkan dahak), plus saya kehilangan napsu makan. Sampai sekarang si 2 kg itu masih terhutang, alias belum balik lagi, tapi perlahan-lahan berat badan saya sudah mulai naik lagi sih, sekarang sudah mau 54 kg (yaakk elah, turunnya cepet banget, naiknya susah amaatt). Saya cukup khawatir dengan penurunan berat badan ini, karena cukup drastis, dan tidak diimbangi dengan napsu makan yang cukup. Saya khawatir nutrisi untuk janin kurang, dan juga khawatir nutrisi pada asi saya untuk Cia. Akan lain ceritanya jika berat badan saya turun namun napsu makan normal, saya tidak akan khawatir. Thanks to sambal roa, saya jadi napsu makan =))

Nah, ngomong-ngomong tentang ASI, saya masih tetap menyusui Cia lho selama hamil ini, direct breastfeed, namun frekuensinya dikurangi (lihat cerita “tambahan waktu luang” tadi). Banyak pro dan kontra sih tentang “menyusui saat hamil”. Tapi saya percaya, selama kehamilan saya tidak bermasalah, saya tetap bisa menyusui koq. Memang sih, Cia sudah mulai saya coba berikan susu UHT dengan cara disendoki. Kenapa disendoki? Cia masih belum mau diberikan susu dengan media selain sendok. Sudah pernah coba diberikan dengan botol, dengan sedotan, tetap dia belum mau. Mungkin pelan-pelan nanti akan dibiasakan, sehingga bisa disapih. Lumayan saat ini cia mulai mau minum susu UHT sebanyak setengah mangkok kecil. Diawali dengan “memajaki” susu pada sereal yang saya makan untuk sarapan, lalu lama-lama dia pakai mangkok sendiri.

Kurang lebih seperti itu hal-hal yang saya alami pada kehamilan saya saat ini. Cerita buibu lain pasti ada keunikannya sendiri 🙂 Happy pregnancy yaa.. mudah-mudahan malesnya saya gak dateng lagi. Dan mudah-mudahan juga saya bisa main makeup-makeupan lagi.

PicsArt_01-05-12.24.02

One thought on “Pregnancy Uniqueness (Keunikan Hamil)

  1. siniii siniiii aku kasih cium buat kehamilannya mamaciaaaa :*****

    duh, aku belom ngerasain jadi bumil nih, tapi seneng aja denger cerita kehamilan orang lain, mams. Bahkan nih, tadi pagi aku dapet kabar kalo temen sekelasku yg lagi hamil udah siap2 mau ngelahirin dan udah bukaan 1. wkwk.. itu pun sempetin ngechat kami di grup wassap.

    semoga kehamilan mu baik2 aja yaaa… smoga cia sesegera mungkn bertemu dgn dedek nya ^^

    with love, aunty sherly. hahahaha

    http://tulisadarihatikecilku.blogspot.com

    Like

Leave a comment